10 Bidang Dilombakan Pada LKS Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kota Kupang, DISDIK.NTTPROV.GO.ID – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan menengah yang menghasilkan tenaga kerja terlatih dan siap pakai. Lulusan SMK harus memiliki kompetensi dan keahlian yang mampu berdaya saing di dunia kerja.  Berkenaan dengan itu, Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Kegiatan Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, menyelenggarakan kegiatan guna memotivasi peningkatan kompetensi siswa berupa kegiatan lomba atau kompetensi yang dinamakan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK).

Kegiatan ini berlansung selama 5 hari, yakni mulai dari tanggal 19 s.d. 23 April 2018 di Kota Kupang. Sepuluh jenis bidang yang dilombakan pada LKS 2018, yakni pharmacy, cabinet making, bilingual secretary, fishery, hotel accomodation, tourist industry, agronomi, lifestock, wood craft, dan post harwest technology. Kegiatan ini diikuti 11 delegasi, dengan rincian 88 orang peserta, 22 orang pendamping, 11 ketua kontingen.

Kepala Bidang Pembinaan SMA yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur menekankan keberadaan SMK mampu menjadi pemasok kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi dunia usaha dan dunia industri. Oleh karenanya, kita diminta untuk mampu menyesuaikan mutu lulusan dengan kebutuhan ketenagakerjaan yang dibutuhkan. Menurutnya, lomba Kompetensi Siswa (Skill Olympic) SMK merupakan salah satu wahana yang tepat dan efektif guna menguji kualitas penyelenggaraan pendidikan SMK di Nusa Tenggara Timur dan secara rutin telah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi  Nusa Tenggara Timur sejak beberapa tahun yang lalu.

Kegiatan ini atas kerjsama Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan dengan Politani Negeri Kupang, Politeknik Kesehatan Negeri Kupang, Hotel Swiss Bell In Kristal Kupang, Hotel Pelangi Kupang serta beberapa SMK yang ada di Kota Kupang.

0
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.