Asisten I Setda Provinsi NTT Membuka Gebyar SMK 2018

210 views

Kota Kupang, DISDIK. NTTPROV.GO.ID – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban tugas untuk mendidik dan melatih siswa dalam rangka mempersiapkan calon-calon tenaga kerja yang mampu bersaing di pasar kerja. Untuk itu, seyogyanya SMK terus dipacu untuk mengembangkan sistem dan pola pendidikan dan pelatihan yang efektif dan efisien.

Salah satu pola penyelenggaraan pendidikan SMK adalah dengan menyelenggarakan  pameran hasil karya, melalui kegiatan gebyar SMK. Dalam kegiatan ini siswa sebagai penyedia jasa dapat berkomunikasi langsung dengan masyarakat sebagai yang konsumen.

Selain itu, Gebyar SMK ini dapat menjadi momentum evaluasi terhadap kompetensi dan kesiapan siswa-siswa memasuki dunia kerja. Event ini pula dapat memacu SMK untuk terus meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah agar siswa dapat bersaing dipasar kerja.

Pada tahun 2018, Dinas Pendidikan Nusa Tenggara Timur kembali menyenggarakan Gebyar SMK yang ke-III. Kegiatan ini diselenggarakan di alun-alun I.H. Doko Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara dari tanggal 29 April – 03 Mei 2018.

Gebyar SMK ini dibuka oleh Asisten I Setda Provinsi, Mikhael Fernandez, yang membacakan sambutan Gubernur Nusa Tenggara Timur, menekan pentingnya upaya strategis dan sistematis untuk sumberdaya manusia melalui pendidikan yang bermutu di sekolah. Ia mengharapkan penyelenggara pendidikan harus mampu membekali peserta didik dengan kemampuan dan kecakapan softskill, agar lulusan SMK memiliki karakter yang tangguh, mandiri, bertanggungjawab, kreatif, dan berjiwa wirausaha.

Gubenur sebagaimana dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Setda Provinsi NTT menekankan Gebyar SMK sebagai suatu even yang dapat mendorong produktivitas siswa untuk mampu bekerja secara optimal dan menghasilkan produk – produk Inovatif Enterpreneurship, membentuk pola pikir (mindset) siswa agar berperilaku hidup produktif dan mengurangi perilaku hidup konsumtif. Maka ia mengharapkan Gebyar SMK dapat meningkatkan kompeten sisiswa sesuai bidang keahliannya, sehingga dapat menjadi anak bangsa yang bukan sekedar mampu bertahan hidup, tetapi mampu hidup layak dan berkualitas.

Dengan demikian siswa SMK dapat berperan serta dalam membangun dan menumbuhkan semangat percaya diri, kerja keras, jujur, dan cerdas, serta dapat mengembangkan budaya kompetisi dalam rangka memotivasi diri menuju revolusi mental bangsa ini, sekaligus menguatkan keberadaan SMK dan diperhitungkan sebagai salah satu lembaga pendidikan pilihan karena siswa SMK menguasai pengetahuan, pemahaman dan pengusahaan keahlian yang handal sesuai bidang keahliannya masing – masing.

Materi Gebyar SMK kali ini berupa produk barang dan pelayanan jasa hasil karya siswa SMK bersama dunia usaha/industri/instansi sebagai institusi pasangan yang relevan dengan kompetensi keahlian masing-masing SMK. Secara umum kategori pameran, yaitu bidang teknologi yang meliputi bidang studi keahlian teknologi dan rekayasa; dan bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi.  Kategori kedua adalah bidang non teknologi yang meliputi bidang keahlian seni, kerajinan dan pariwisata; bidang keahlian bisnis dan manajemen; bidang keahlian bisnis dan manajemen; bidang studi Keahlian agrobisnis dan agroteknologi; dan bidang studi kesehatan.

Pameran ini diikuti oleh 32 SMK yang berasal dari beberapa kabupaten se-Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selama kegiatan pameran berlansung setiap stand pameran dipantu dan dinilai oleh tim yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Adapun kriteria penilaian meliputi stand pameran dengan jumlah pengunjung terbanyak, stand pameran dengan penataan materi pameran dan dekorasi terbaik, stand pameran dengan jumlah omzet penjualan terbanyak, stand pameran favorit berdasarkan pilihan pengunjung pameran, siswa dapat mendemokan / menjelaskan produk yang dihasilkan, dan kebersihan stand dan lingkungan sekitarnya.

0
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.