SMKN 6 Kupang Raih Juara I Untuk Rumpun Teknologi, SMKN 3 Teratas Untuk Kategori Non Teknologi

Kota Kupang, DISDIK.NTTPROV.GO.ID РSekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan formal tingkat menengah harus berada di garda terdepan untuk mempersiapkan calon-calon tenaga kerja berdaya saing di bursa pasar kerja. Event seperti Gebyar SMK  dapat menjadi media expose eksistensi karya nyata siswa-siswi yang dapat dipasarkan. Menyadari akan hal ini, maka Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur kembali menggelar Gebyar SMK 2018. Gebyar ini merupakan gebyar ke-3 yang diselenggarakan di pelataran Dinas Pendidikan Provinsi NTT.

Gebyar SMK 2018 terdapat 32 stand pameran SMK yang berasal dari kabupaten/kota se-Nusa Tenggara Timur. Setiap peserta mempromosikan keunggulan produk barang dan jasa yang dihasilkan siswa. Kegiatan ini sekaligus memotivasi pengelola dan penyelenggara SMK baik negeri maupun swasta untuk dapat menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada produk (barang dan jasa) yang berkualitas dan kompetitif; mempromosikan potensi SMK kepada masyarakat sebagai pendidikan formal yang sekaligus mampu memberikan pelayanan jasa maupun produk barang; dan menjaring dunia usaha/industri untuk dapat berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pada SMK.

Selama kegiatan gebyar berlangsung, para peserta dipantau dan dinilai oleh tim juri yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi NTT. Adapun aspek-aspek yang dinilai meliputi stand pameran dengan jumlah pengunjung terbanyak, stand pameran dengan penataan materi pameran dan dekorasi terbaik, stand pameran dengan jumlah omzet penjualan terbanyak, stand pameran favorit berdasarkan pilihan pengunjung pameran, siswa dapat mendemokan/menjelaskan produk yang dihasilkan, dan kebersihan stand dan lingkungan sekitarnya.

Dari hasil penilaia tim juri terdapat 6 SMK untuk masing-masing kelompok kategori pameran yang meraih penghargaan. Kategori Teknologi, juara pertama diraih oleh SMKN 6 Kupang, selanjutnya diikuti SMK PPN Lili Kupang (Juara II), SMKN Bokong (Juara III), SMK Tiara Nusa Borong (Juara Harapan I), SMKN 5 Kupang (Juara Harapan II), dan SMKN 4 Kupang (Juara Harapan III). Sedangkan untuk Kategori Non Teknologi, tempat pertama diraih oleh SMKN 3 Kupang, diikuti SMKN 2 Soe (Juara II), SMK Kusuma Atambua (Juara III), SMKN Prima Higienis Kupang (Juara Harapan I), SMKN 1 Kupang (Juara Harapan II), dan SMK Kencana Sakti (Juara Harapan III).

Hadiah pemenang diserahkan secara langsung oleh anggota Komisi III DPRD Provinsi NTT, Jimmy Sianto, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Johanna E. Lisapaly, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Aloysius Min, Kepala Bidang PKLK, Alfonsius Arakian, dan Kepala Bidang SMA, Pius Rasi.

0
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.