Rapat Koordinasi Perencanaan Terpadu Dana Dekonsentrasi Bidang Pendidikan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2018

Latar Belakang

Semakin meningkatnya sumber daya anggaran pendidikan yang dialokasikan ke daerah terutama dalam bentuk dana transfer ke daerah, belum diimbangi dengan perencanaan yang baik. Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku institusi yang bertanggung jawab terhadap pendidikan nasional sampai saat ini belum cukup memiliki informasi besaran alokasi APBD murni untuk membiayai pendidikan, termasuk bentuk intervensi apa saja dan berapa volumenya yang lengkap dan terinci pada semua daerah provinsi maupun kabupaten/kota.

Sehubungan dengan itu, dalam tahun anggaran 2018 Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melanjutkan kegiatan sinkronisasi dan koordinasi perencanaan terpadu dalam bentuk Satker Dekosentrasi pada 34 Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan ini menjadi sangat penting untuk memfasilitasi perencanan pendidikan pada tingkat provinsi, baik koordinasi dan sinkronisasi dengan pusat maupun koordinasi dan sinkronisasi dengan pemerintah daerah kabupaten/kota.

 

Maksud dan Tujuan

  • Untuk memfasilitasi kegiatan perencanaan pendidikan pada tingkat provinsi, terutama untuk mengkoordinasi perencanaan setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-provinsi Nusa Tenggara Timur.
  • Terwujudnya sinergisitas perencanaan program dan anggaran baik yang bersumber dari APBN maupun APBD.

 

Peserta dan Narasumber

 Peserta

  • Kasubag PDE dan staf dari 22 kabupaten/kota, masing-masing 2 orang
  • Dinas Pendidikan Provinsi NTT (14 orang)

Narasumber

  • Narambumber pusat, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2 orang)
  • Narasumber daerah (2 orang)
  • Moderator (1 orang)

 

Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Rapat Koordinasi Perencanaan Terpadu Dana Dekonsentrasi Bidang Pendidikan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2018  akan dilaksanakan di Hotel On The Rock, Jl. Timor Raya, Kupang, pada tanggal 22 – 24 Mei 2018.

 

Sumber Pembiayaan

Pembiayaan pelaksanaan kegiatan Workshop Dana Transfer Daerah dibebankan kepada DIPA Rendu Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

0
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.