Hasil Seleksi Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat UPT Pendidikan Wilayah VI Lembata

Lewoleba, DISDIK.NTTPROV.GO.ID–Guru adalah salah satu tulang punggung pendidikan nasional. Kualitas output anak didik salah satunya ditentukan oleh kualitas guru. Menyadari akan hal tersebut, maka pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terus mengupayakan peningakatan mutu tenaga pendidik melalui berbagai program dan kegiatan yang dirancang setiap tahun anggaran.

Implementasi peningkatan mutu tenaga pendidik dapat dilaksanakan melalui training, bimbingan teknis dan atau peluang studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, pemerintah memberikan apresiasi atau penghargaan kepada para guru yang memiliki prestasi dan dedikasi yang tinggi. Bentuk penghargaan ini diharapkan dapat mendorong idealisme GTK untuk senantiasa memajukan bidang pendidikan.

Pemilihan GTK Berpretasi dan Berdedikasi merupakan program pemerintah yang dilaksanakan berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Guru-guru yang memenuhi kriteria dapat berkompetisi pada ajang tersebut.

Dalam rangka itu, Dinas Pendidikan Provinsi NTT melalui UPT Pendidikan Wilayah VI Lembata menyelenggarakan lomba tersebut pada tanggal 30 – 31 Mei 2018 yang bertempat di Hotel Lembata Indah Lewoleba. Kepanitian pemilihan terdiri-dari Drs. Audy Gah (Penanggung Jawab), Clementinus Berino, S.Ag (ketua), Maria Kewa Gowing (bendahara), 2 orang anggota yakni Muhamad Imran Wuekero, S.Pd, dan Evi Making.

Animo guru akan lomba ini terbilang cukup tinggi. Hal ini dilihat dari jumlah peserta yang ikut berkompetisi sebanyak 20 orang.  Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, hanya tiga orang guru yang masuk final, antara lain Damianus Dolu, S.Pd dari SMAN 1 Nubatukan (juara I), Renata Leviani S.Pd dari SMAN 2 Nubatukan (juara II), dan Paulus G. Hurint, ST dari SMKN 1 Ile Ape (juara III).  Sedangkan jumlah kepala sekolah yang mngikuti sebanyak 19 orang. Tiga orang yang ditetapkan juri sebagai juara I, II dan III berturut-turut Aloysius Aba, S.Pd (Kepala Sekolah SMAN 1 Ile Ape), Sinu Yohanes, S.Pd (Kepela Sekolah SMAN 2 Nubatukan), dan Ferdinandus Karangora, S.Pd (Kepala Sekolah SMKN 1 Atadei).

Selain guru dan kepela sekolah, lomba ini pula memilih pengawas berprestasi dan berdedikasi. Tiga kandidat yang terdaftar dalam proses seleksi, namun hanya 2 orang pengawas yang ikut dalam proses pemilihan. Dari hasil penilaian panitia, Yohanes Ledo Laba, S.Pd (pengawas SMA) keluar sebagai juara pertama, sedangkan tempat kedua ditempati oleh Drs. Ali Yosef (pengawas SMK).

Penetapan GTK berprestasi dan berdedikasi berdasarkan penilaian panitia seleksi yang beranggotakan 5 orang. Mereka adalah Longginus, Laga Belan, S.Pd (Ketua Pansel dari UPT), Benyamin Ruing, S. Pd (Korwas), Bachtiar Aziz, S.Pd (Ketua MKKS SMA), Drs. Tubun Theodorus (guru) dan Yakobus Kia (Akademisi). Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Peserta yang juara untuk setiap kategori lomba  berkesempatan untuk mengikuti lomba serupa pada tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi  dibuka dan ditutup oleh Kepala UPT dalam hal ini diwakili oleh Kasubag TU, Mohamad Imran Wuekero, S.Pd. Laporan ini sebagaimana disampaikan oleh ketua panitia pelaksana, Clementinus Berino, S.Ag, kepada tim media Dinas Pendidikan Provinsi NTT.

0
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.