Naskah UN SMA/SMK Tiba di Kupang

187 views

Kota Kupang, DISDIK.NTTPROV.GO.ID – Ujian Nasional tingkat SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019 di Provinsi Nusa Tenggara Timur menggunakan dua model, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (2019) terdapat  4 kabupaten yang  menyelenggarakan UNBK, yakni :Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Ende, Kabupaten Ngada, dan Kabupaten  Nagekeo. Sedangkan kabupaten-kabupaten yang lain, termasuk Kota Kupang masih menyelenggarakan UNKP. Khusus untuk penyelenggaraan  UNKP, Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Prov. NTT, PT POS Wilayah NTT, dan Kepolisian Daerah (Polda) NTT. Kerja sama yang dimaksud adalah berkaitan dengan pengamanan dan distribusi soal ke kabupaten/kota.

Soal Ujian Nasional untuk SMA dan SMK tahun 2019 tiba di SPN Kupang, Selasa (12/3 2019) pukul 14.00 Wita. Disaksikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT Aloysius Min, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT  Pius Rasi, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Prov. NTT  Muhamad Erfan, Kepala Kantor POS Wilayah NTT Sulaiman Amir, Kasibdit 3 membidangi sosial budaya Dir Intelkam Polda NTT  AKBP Kornelis Wayong, mobil boks yang berisi naskah ujian dibuka. Mobil itu berisi ribuan kardus dokumen soal Ujian Nasional untuk SMA dan SMK  tahun 2019 untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Naskah ujian tersebut selanjutnya akan didistribusikan ke 18 kabupaten/kota penyelenggara UNKP.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam keterangan persnya mengatakan bahwa naskah Ujian Nasional yang ada selanjutnya akan didistribusikan ke 18 kabupaten/kota penyelenggara UNKP melalui perjalanan darat untuk wilayah pulau Timor, dan laut untuk wilayah di luar pulau Timor. Mekanisme pendistribusian sesua jadwal yang telah diitetapkan dan menjadi tenggung jawab LPMP Prov. NTT.. Distribusi dimulai, Rabu 13 Maret 2019, sekalipun Ujian Nasional SMK baru akan dilaksanakan pada tanggal 25-28 Maret 2019 dan SMA pada tanggal 1-8 April 2019. Hal ini dllakukan untuk mengantisipsi cuaca di wilayah NTT yang akhir-akhir ini kurang bersahabat.

“Naskah Ujian Nasional yang ada selanjutnya akan dikawal oleh petugas dari Polda NTT dan LPMP menuju ke seluruh kabupaten/kota penyelenggara ujian dan akan dititipkan di Polres setempat yang dibuktikan dengan penandatanganan berita acara serah terima naskah”, tandas Alo. (nol)

0
Tag:
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.