Bidang I

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus

Rumusan Tugas:

MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBINAAN PENDIDIKAN KHUSUS DAN LAYANAN KHUSUS MELIPUTI KURIKULUM, KESISWAAN, KELEMBAGAAN DAN SARANA PRASARANA SESUAI KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN KHUSUS DAN LAYANAN KHUSUS.

Uraian Tugas:

  • Merencanakan langkah-langkah operasional Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus berdasarkan rencana kerja dinas dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Menyelia pelaksanaan tugas bawahan  berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan agar pelaksanaannya tepat waktu dan tepat sasaran;
  • Merencanakan dan menetapkan strategi pengembangan kurikulum dan bahan ajar SDLB dan sederajat, SMPLB dan sederajat dan SMALB sederajat berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk optimalisasi pelaksanaan kurikulum;
  • Melaksanakan pengembangan strategi peningkatan mutu pendidikan khusus dan layanan khusus berdasarkan pedoman yang ada untuk menghasilkan pendidikan khusus dan layanan khusus yang lebih baik;
  • Menyelia pembinaan dan pengelolaan pendidikan khusus dan layanan khusus meliputi SDLB dan sederajat, SMPLB dan sederajat, dan SMALB sederajat, Sekolah Inklusif, Sekolah Keberbakatan Olahraga, PLA, dan pendidikan layanan khusus (PLK) Pendidikan Daerah Khusus 3T, pendidikan kecakapan hidup dan kesetaraan, pendidikan anak termarginalkan lintas kabupaten/kota agar pelaksanaannya sesuai rencana dan hasil yang diharapkan;
  • Menyelia pengembangan sistem evaluasi pembinaan dan pengelolaan pendidikan khusus dan layanan khusus meliputi SDLB dan sederajat, SMPLB dan sederajat, dan SMALB sederajat, Sekolah Inklusif, Sekolah Keberbakatan Olahraga, PLA, dan pendidikan layanan khusus (PLK) Pendidikan Daerah Khusus 3T, pendidikan kecakapan hidup dan kesetaraan, pendidikan anak termarginalkan sebagai bahan pengukuran kinerja;
  • Melaksanakan supervisi dan fasilitasi satuan pendidikan khusus layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya untuk peningkatan mutu pendidikan dan pemenuhan standar pendidikan minimal;
  • Menyelia pelaksanaan tugas-tugas pembantuan lainnya seperti ujian nasional SD, SDLB dan sederajat lainnya, SMP SMPLB dan sederajat lainnya, serta lomba OSN, O2SN, FS2L Olimpiade Sain tingkat SD, SDLB, SMP, SMPLB dan sederajat lainnya serta diklat pendidikan dasar, rakor korwas lintas kabupaten/kota;
  • Menyelia pelaksanaan kegiatan lomba-lomba bagi peserta didik dan pendidik tingkat pendidikan khusus layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan;
  • Melaksanakan pendistribusian sarana kebutuhan pendidikan khusus dan layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya;
  • Mengevaluasi pelaksanaan tugas Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus melalui rapat, diskusi dan sesuai hasil yang dilaksanakan untuk mengetahui permasalahan dan mencari solusinya;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pembinaan pendidikan khusus dan layanan khusus berdasarkan rencana kerja sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan koordinasi dengan instansi dan pihak terkait dalam pelaksanaan program dan atau kegiatan agar terjalin kerjasama yang baik;
  • Memberi petunjuk kepada bawahan dalam meningkatkan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, professional, beretika dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas

Kepala Seksi Kurikulum

Rumusan Tugas:

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KURIKULUM  BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN KHUSUS DAN LAYANAN KHUSUS.

Uraian Tugas :

  • Merencanakan kegiatan Seksi Kurikulum berdasarkan langkah-langkah operasional bidang dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan pengembangan serta petunjuk pelaksanaan kegiatan kurikulum pada satuan pendidikan khusus (SLB, Sekolah Inklusif dan Sekolah Keberbakatan Olahraga), Layanan Khusus (Pendidikan Layanan Khusus, Kesetaraan, Pendidikan Kecakapan Hidup, Daerah 3T, Daerah Bencana) dan pendidikan sederajat lainnya berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku agar tercapainya optimaslisasi pelaksanaan kurikulum;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan petunjuk pelaksanaan kegiatan pengujian yang meliputi juknis dan juklak pelaksanaan Ujian Sekolah SDLB dan Sederajat lainnya, Ujian Nasional SMPLB dan Sederajat lainnya, dan SMALB untuk acuan pelaksanaan kegiatan;
  • Melaksanakan  kegiatan  pengujian  meliputi :  evaluasi,  memonitoring, pencatatan dan memeriksa keabsahan ijasah, inventarisasi, dokumentasi dan laporan hasil evaluasi belajar untuk  mengetahui tingkat keberhasilan pendidikan khusus layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya ;
  • Melakukan verifikasi dokumen standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi esensial dan penilaian bagi siswa SDLB dan sederajat, SMPLB dan sederajat, SMALB dan Pendidikan sederajat lainnya berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk efektifitas  pembelajaran;
  • Menyusun/membuat kalender pendidikan, menetapkan kriteria penggunaan buku  sumber dan alat bantu  belajar mengajar pada siswa pendidikan khusus layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan sesuai regulasi;
  • Menyelia pengelolaan pendidikan khusus dan layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya, 3T dan daerah terkena musibah/bencana alam berdasarkan ketentuan dan  prosedur yang berlaku untuk peningkatkan mutu pendidikan;
  • Mengevaluasi penetapan kriteria pencapaian target kurikulum pendidikan khusus dan layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya untuk bahan evaluasi tahun berikutnya;
  • Merencanakan penyusunan petunjuk teknis pelaksanaan implementasi dan inovasi materi          belajar mengajar pendidikan khusus dan layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya, dan mengembangkan kisi-kisi/soal, ujian/penelitian hasil belajar pendidikan khusus dan layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya untuk bahan perumusan  kebijakan dan bahan evaluasi belajar;
  • Menganalisis data hasil belajar pendidikan dasar dan pendidikan kesetaraan, US/UN SDLB sederajat, SMPLB sederajat, dan SMALB sederajat untuk  pengembangan kisi-kisi ujian sebagai bahan pokok pembelajaran;
  • Menyiapkan bahan sosialisasi dan mengembangkan kurikulum pendidikan khusus dan layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya untuk efektivitas pelaksanaan tugas;
  • Menyiapkan konsep strategi pengembangan kurikulum serta bahan ajar pendidikan khusus dan layanan khusus berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk optimalisasi pelaksanaan kurikulum;
  • Menyelenggarakan strategi peningkatan mutu pendidikan khusus dan layanan khusus berbasis data;
  • Menyelenggarakan pengembangan sistem evaluasi pendidikan satuan pendidikan khusus dan layanan khusus untuk bahan pengukuran kinerja;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kurikulum berdasarkan rencana kerja sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Membimbing bawahan dalam menegakkan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, professional, beretika dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Kepala Seksi Kesiswaan

Rumusan Tugas:

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KESISWAAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU UNTUK PENINGKATAN KUALITAS SISWA.

Uraian Tugas :

  • Merencanakan kegiatan Seksi Kesiswaan berdasarkan langkah-langkah operasional bidang dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan  pengembangan serta petunjuk pelaksanaan kegiatan kesiswaan melalui peningkatan mutu kegiatan peserta didik pendidikan khusus (SLB dan sederajatnya, inklusi, SKO dan PLA) dan pendidikan layanan khusus (PLK dan 3T) serta pendidikan sederajat lainnya (kesetaraan, kecakapan hidup) agar diperoleh peserta didik yang terampil;
  • Menetapkan kriteria penerimaan siswa baru pendidikan khusus layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya sebagai acuan pelaksanaan tugas;
  • Menyelia dan mengevaluasi penerimaan peserta didik pendidikan khusus layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya agar penerimaan siswa sesuai kriteria yang ditetapkan;
  • Menetapkan kriteria perpindahan peserta didik antar satuan pendidikan dan  antar kabupaten/kota sesuai kelender pendidikan untuk  pedoman pelaksanaan tugas;
  • Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan minat, bakat dan prestasi peserta didik melalui lomba tingkat provinsi dan nasional,seperti OSN, O2SN FLS2N, Olimpide sains, dan lomba-lomba lainnya tingkat SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMALB dan sederajat lainnya  untuk motivasi belajar siswa;
  • Mengembangkan sistem pelayanan bimbingan dan penyuluhan pendidikan khusus layanan khusus serta pendidikan sederajat lainnya untuk pelayanan ekstra bagi peserta didik di 3T  termasuk  di   daerah  terkena  musibah/bencana   alam untuk meningkatkan mutu pendidikan;
  • Mengembangkan sistem layanan bimbingan dan penyuluhan untuk ikut berpartisipasinya orangtua peserta didik melalui kegiatan pendidikan keluarga;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kesiswaan berdasarkan rencana kerja sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Membimbing bawahan dalam menegakkan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, professional, beretika dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana

Rumusan Tugas:

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KELEMBAGAAN DAN SARANA PRASARANA BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU GUNA MENCERDASKAN MASYARAKAT NUSA TENGGARA TIMUR.

Uraian Tugas :

  • Merencanakan kegiatan Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana berdasarkan langkah-langkah operasional bidang dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  • Menyusun pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan pengembangan sarana prasarana pendidikan khusus dan layanan khusus;
  • Melaksanakan kegiatan pengembangan kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan khusus dan layanan khusus meliputi perencanaan dan pengusulan sarana penunjang proses pembelajaran berupa buku/modul, alat peraga pendidikan dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang proses belajar mengajar;
  • Mengevaluasi pemenuhan standar kelembagaan dan sarana  prasarana pendidikan khusus dan layanan khusus agar sesuai standar yang ditetapkan;
  • Merencanakan dan mengusulkan prasarana penunjang pembelajaran pendidikan khusus dan layanan khusus berupa pembangunan USB, RKB, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, instalasi daya dan jasa dan prasarana penunjang lainnya yang diperlukan;
  • Mengawasi penggunaan buku pelajaran pendidikan khusus dan layanan khusus agar pelaksanaannya sesuai rencana dan hasil yang diharapkan;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kelembagaan dan sarana prasarana berdasarkan rencana kerja sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Membimbing bawahan dalam menegakan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, profesional, beretika dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.