Bidang III

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Rumusan Tugas:

MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELIPUTI KURIKULUM, KESISWAAN, SERTA KELEMBAGAAN DAN SARANA PRASARANA SESUAI KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.

Uraian Tugas:

  • Merencanakan langkah-langkah operasional Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan berdasarkan rencana kerja dinas dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Menyelia pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan rencana kerja yang telah ditetapkan agar pelaksanaannya tepat waktu dan tepat sasaran;
  • Merencanakan strategi pengembangan kurikulum dan bahan ajar sekolah menengah kejuruan berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk optimalisasi pelaksanaan kurikulum;
  • Mengembangkan strategi peningkatan mutu pendidikan sekolah menengah kejuruan;
  • Mengembangkan sistem evaluasi sekolah menengah kejuruan untuk bahan pengukuran kinerja;
  • Menyelenggarakan dan/atau mengelola satuan pendidikan pada jenjang sekolah menengah kejuruan berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk peningkatan mutu pendidikan;
  • Merencanakan supervisi dan fasilitasi satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan untuk peningkatan mutu serta memenuhi standar pendidikan minimal;
  • Menyelia masalah yang berkaitan dengan penerapan kurikulum sekolah menengah kejuruan untuk efektivitas pelaksanaan kurikulum;
  • Melakukan sosialisasi kurikulum sekolah menengah kejuruan untuk penyebarluasan informasi;
  • Merencanakan bimbingan teknis penyusunan kurikulum sekolah menengah kejuruan agar tersedianya tenaga yang profesional;
  • Melakukan koordinasi, fasilitasi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan ujian sekolah skala provinsi untuk optimalisasi pelaksanaan ujian;
  • Mengevaluasi pencapaian standar nasional kurikulum sekolah menengah kejuruan berdasarkan data yang diperoleh untuk perumusan kebijakan;
  • Memfasilitasi pelaksanaan akreditasi kurikulum sekolah menengah kejuruan berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk peningkatan mutu;
  • Menyelia pengawasan terhadap pemenuhan standar sarana prasarana pendidikan;
  • Melakukan verifikasi standar sarana prasarana bagi lembaga persekolahan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku;
  • Merencanakan kriteria penerimaan siswa baru sekolah menengah kejuruan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku;
  • Menetapkan kriteria mutasi siswa sekolah menengah kejuruan lintas kabupaten/kota dan provinsi sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku;
  • Melaksanakan pembinaan dan pengembangan bakat dan minat siswa sekolah menengah kejuruan;
  • Mengevaluasi pelaksanaan tugas Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan melalui rapat, diskusi dan sesuai hasil yang dilaksanakan untuk mengetahui permasalahan dan mencari solusinya;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pembinaan sekolah menengah kejuruan berdasarkan rencana kerja sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan koordinasi dengan instansi dan pihak terkait dalam pelaksanaan program dan atau kegiatan agar terjalin kerjasama yang baik;
  • Memberi petunjuk kepada bawahan dalam meningkatkan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, professional, beretika dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

Kepala Seksi Kurikulum

Rumusan Tugas:

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KURIKULUM  BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERCAPAINYA OPTIMALISASI PELAKSANAAN KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.

Uraian Tugas :

  • Merencanakan kegiatan Seksi Kurikulum berdasarkan langkah-langkah operasional bidang dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan pengembangan serta petunjuk pelaksanaan kegiatan kurikulum pada satuan sekolah menengah kejuruan berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku agar tercapainya optimalisasi pelaksanaan kurikulum;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan petunjuk pelaksanaan kegiatan pengujian yang meliputi juknis dan juklak pelaksanaan ujian sekolah menengah kejuruan untuk acuan pelaksanaan kegiatan;
  • Melaksanakan kegiatan pengujian meliputi; evaluasi satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan, memonitor, pencatatan dan memeriksa keabsahan ijasah sekolah menengah kejuruan dan program kesetaraan, inventarisasi, dokumentasi dan laporan hasil evaluasi belajar pendidikan menengah atas untuk mengetahui tingkat keberhasilan;
  • Memverifikasi dokumen standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi esensial dan penilaian bagi siswa sekolah menengah kejuruan berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk efektifitas  pembelajaran;
  • Menyusun/membuat kalender pendidikan, menetapkan kriteria penggunaan buku sumber dan alat bantu belajar mengajar pada pendidikan sekolah menengah kejuruan untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan sesuai regulasi;
  • Menyelia pengelolaan satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan termasuk di daerah terkena musibah/bencana alam berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk peningkatkan mutu pendidikan;
  • Mengevaluasi penetapan kriteria pencapaian target kurikulum pendidikan sekolah menengah kejuruan untuk bahan evaluasi tahun berikutnya;
  • Merencanakan penyusunan petunjuk teknis pelaksanaan implementasi dan inovasi materi belajar mengajar satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan dan mengembangkan kisi-kisi/soal, ujian/penelitian hasil belajar satuan sekolah menengah kejuruan untuk bahan perumusan kebijakan dan bahan evaluasi belajar;
  • Menganalisis data hasil belajar satuan sekolah menengah kejuruan untuk pengembangan kisi-kisi ujian sebagai bahan pokok pembelajaran;
  • Menyiapkan bahan sosialisasi dan mengembangkan kurikulum satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan untuk efektivitas pelaksanaan tugas;
  • Menyiapkan konsep strategi pengembangan kurikulum serta bahan ajar satuan sekolah menengah kejuruan berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk optimalisasi pelaksanaan kurikulum;
  • Menyelenggarakan strategi peningkatan mutu pendidikan sekolah menengah kejuruan berbasis data;
  • Menyelenggarakan pengembangan sistem evaluasi pendidikan satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan untuk bahan pengukuran kinerja;
  • Menyusun  kurikulum  muatan lokal, bahan ajar  serta materi pendidikan karakter kontekstual sesuai kearifan lokal berdasarkan kewenangan dan prosedur yang berlaku;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kurikulum berdasarkan rencana kerja sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Membimbing bawahan dalam menegakkan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, professional, beretika dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Kepala Seksi Kesiswaan

Rumusan Tugas:

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KESISWAAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU UNTUK PENINGKATAN KUALITAS SISWA.

Uraian Tugas :

  • Merencanakan kegiatan Seksi Kesiswaan berdasarkan langkah-langkah operasional bidang dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan pengembangan serta petunjuk pelaksanaan kegiatan kesiswaan melalui meningkatkan mutu kegiatan siswa sekolah menengah kejuruan agar diperoleh siswa yang terampil;
  • Menetapkan kriteria penerimaan siswa baru sekolah menengah kejuruan lainnya sebagai acuan pelaksanaan tugas;
  • Menyelia dan mengevaluasi penerimaan peserta didik sekolah menengah kejuruan agar penerimaan siswa sesuai kriteria yang ditetapkan;
  • Menetapkan kriteria perpindahan peserta didik antar satuan pendidikan dan antar kabupaten/kota sesuai kelender pendidikan untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  • Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan minat, bakat dan prestasi siswa sekolah menengah kejuruan untuk motivasi belajar siswa;
  • Mengembangkan sistem pelayanan bimbingan dan penyuluhan sekolah menengah kejuruan dan pelayanan ekstra bagi siswa di daerah terpencil termasuk di daerah terkena musibah/bencana alam untuk meningkatkan mutu pendidikan;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kesiswaan berdasarkan rencana kerja sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;Membimbing bawahan dalam menegakkan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, professional, beretika dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana

Rumusan Tugas:

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KELEMBAGAAN DAN SARANA PRASARANA BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU UNTUK PENINGKATAN MUTU SISWA.

Uraian Tugas :

  • Merencanakan kegiatan Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana berdasarkan langkah-langkah operasional bidang dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Memeriksa hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  • Menyusun dan mengembangkan konsep kebijakan pembinaan dan petunjuk teknis kelembagaan dan sarana prasarana untuk meningkatkan mutu kelembagaan dan sarana prasarana;
  • Melaksanakan kegiatan pengembangan kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan meliputi perencanaan dan pengusulan sarana penunjang proses pembelajaran berupa buku/modul, alat peraga pendidikan dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang proses belajar mengajar;
  • Mengevaluasi pemenuhan standar kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan agar sesuai standar yang ditetapkan;
  • Merencanakan dan mengusulkan sarana prasarana penunjang proses pembelajaran berupa pembangunan USB, RKB, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang kerja, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, instalasi daya dan jasa dan prasarana penunjang lainnya yang diperlukan;
  • Mengawasi penggunaan buku pelajaran sekolah menengah kejuruan agar pelaksanaannya sesuai rencana dan hasil yang diharapkan;
  • Melakukan evaluasi kelembagaan dan sarana prasarana untuk bahan perumusan kebijakan;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kelembagaan dan sarana prasarana berdasarkan rencana kerja sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Membimbing bawahan dalam menegakkan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, professional, beretika dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.